Selamat datang di website Kelurahan Oro Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun
Selamat Datang Di Webisite Kelurahan Oro Oro Ombo Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun
November 29, 2020

Ada beberapa wisata keluarga yang bisa untuk dikunjungi antara lain :

  1. SunCity Water & ThemePark

Suncity Theme Waterpark ini merupakantempat wisata wahana air yang cocok untuk wisata keluarga yang berlokasi cukup strategis, sebab letaknya dekan dengan pusat p-erbelanjaan tersesar di Kota Madiun, yaitu Suncity Mall.

Sdelain kolam renang besar dengan tingkat kedalaaman berbeda serta tersedia pula kolam renang khusus anak lengkap dengan beragam desain seluncuran yang tentunhya akan semakin menambah keasyikan bagi pengunjungnya.

Pusat akuatik populer yang menawarkan kolam ombak, seluncuran air & peralatan bermain lainnya, serta konsesi. Beralamat: Jl. S. Parman No.2, Kelurahan Oro Oro Ombo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63119

  1. Taman obor 

Taman obor menjadi lokasi wisata atau tempat bersantai yang populer di Kota Karismatik Madiun. Berlokasi di Jalan S. Parman, Kota Madiun bersebelahan dengan kantor Kelurahan Oro Oro Ombo, Taman Obor menampilkan kisah perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

Taman Obor yang sebelumnya memiliki nama Monumen Perjuangan 1945 memiliki sejarah panjang. Awalnya berdiri dan diresmikan pada peringatan Hari Pahlawan peresmian 10 November 1984 dan kemudian dilakukan rehabilitasi  pada tahun 2018.

Rehabilitasi dilakukan untuk mempercantik Taman Obor. Juga ada penambahan beberapa ornamen, seperti plakat dan foto tokoh perjuangan disekitar monumen hingga akhirnya diberi nama Taman Obor.

“Kami sebelum memberi nama Taman Obor telah berkoordinasi bersama-sama dengan Dinas Pariwisata serta sejarahwan di Kota Madiun hingga sepakat memberi nama Taman Obor,” ujar A’ang Mahendra Budiono Kepala Bidang Pertamanan, Pemakaman, dan Penerangan Kota Madiun.

Dalam pemberian nama Taman Obor tidak menghilangkan nilai sejarah. Di monumen yang berdiri di Taman Obor masih melekat nama Monumen Perjuangan 1945 dan di atasnya masih berdiri kokoh lima patung pejuang kemerdekaan serta di empat sisinya memiliki relif  pada masa sebelum kemerdekaan, masa kemerdekaan, pasca kemerdekaan dan juga patung tokoh pahlawan Indonesia. Taman Obor dapat menjadi sarana edukasi, tempat berkumpul dan rekreasi yang nyaman di Kota Madiun.

  1. Tugu patung pendekar di Simpang Lima

Kota Madiun disebut sebagai Kota Pendekar karena di kota ini ada belasan perguruan silat seperti PSHT, PSH Winongo, IKS Kera Sakti, Tapak Suci, Pagar Nusa, Cempaka Putih, Persaudaraan Sejati, Pro Patria, Persaudaraan Setia Hati Ki Ageng Pandan Alas, dan lainnya.

Untuk menggelorakan Kota Pendekar, Pemkot Madiun membangun tugu patung pendekar di Simpang Lima. Persisnya di antara Jalan Diponegoro-Jalan Thamrin -Jalan S. Parman-Jalan Rimba Karya. Ukuran patung tersebut tampak kecil terbuat dari perunggu berdiri diatas bangunan tugu yang tinggi menjulang delapan meter.

 

Pendekar bukan hanya dalam konteks pendekar silat, tetapi itu ada kepanjangannya. Kota Madiun memang pusatnya perguruan silat, tetapi pendekar itu kepanjangan dari Pintar Melayani Membangun Peduli Kharismatik dimasa progran misi visi walikota Madiun Bapak Maidi.

  1. Batik Murni

Batik Murni Madiun seolah tidak ada habisnya untuk membuat batik dengan motif-motif baru. Dalam suasana apapun, berbagai produk busana bermotif batik, selalu enak dipandang dan dinikmati keindahannya. Tak heran kain-kain batik dengan beragam motif selalu dicari para perancang maupun pelaku bisnis fashion, hingga tercipta aneka model busana bermotif batik yang unik dan fashionable.. Berlokasi Jl. Halmahera No.21, Oro-oro Ombo, Kec. Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur 63119.

Di tengah tuntutan pasar yang semakin tinggi, kain-kain batik juga makin berkembang motifnya. Dari yang dulu beredar di pasar kain dengan motif batik sederhana, dengan kreativitas para perajin batik dalam menciptakan motif, membuat batik pun kian berkembang sedemikian rupa. Dari yang dulu batik hanya dikenal di kalangan tertentu di Pulau Jawa, kini meluas hingga hampir semua orang pernah mengenakan busana batik, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Bahkan hampir tiap daerah di Indonesia mempunyai motif unik yang tak kalah indahnya. Perkembangan motif kain batik yang semakin luas ini menimbulkan peluang bisnis penjualan kain Batik Murni Madiun melalui berbagai media. Entah yang menjualnya di pasar tradisional, toko-toko kain, pusat perbelanjaan modern hingga merambah ke dunia maya. Batik Murni Madiun bukan hanya sebuah galeri kain atau baju batik saja melainkan disini menyediakan pelatihan membatik baik untuk kalangan pelajar, instansi/lembaga maupun individu minimal 5 orang.

Adapun motif ciri khas batik madiun sehingga batik kami selalu bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Madiun. Diantaranya Motif Pecel, Motif Seger Arum, Motif Madumongso, Motif Teratai, Motif Porang, Motif Daun Kemangi, dan Motif Pecel Segar Jagad.